Label

Jumat, 29 Juni 2012

My Memory (KenanganQ)

Persahabatan...

aQ selalu mengagungkan makna dari ikatan itu, tapi sejak aQ kecil, aQ ga' pernah memiliki orang yang bisa aQ anggap sebagai sahabat, mereka yang berkeliaran di sampingQ, hanya memanfaatkan dari keuntungan bersamaQ. Sampai suatu saat aQ bertemu seseorang yang merubah hidupQ, dia satu2 orang yang bisa menjadi sahabat, teman, rival dan juga musuhQ. Dia membuatQ sadar kalau aQ juga berharga lahir ke dunia ini.

KehidupanQ yang kelam sejak aQ kecil, hari2Q di sekolah diliputi perasaan sakit yang Q tahan, setiap malam di sudut kamar, aQ menangis sendiri melepaskan beban di hatiQ. Keceriaan masa kecil, mungkin aQ terlihat memiliki itu, tapi pada kenyataannya dalam hatiQ hanya ada luka dan luka. ^_^
Karena sudah seringnya aQ menangis saat aQ masih kecil, mungkin itu yang membuatQ selalu mencoba tersenyum dan ga' mau lagi menangis karena masalah. Kadang2 aQ bisa menahannya, tapi kadang juga engga'. Yang aQ usahakan dan aQ hindari adalah aQ menangis di depan orang2, baik teman2Q maupun KeluargaQ, makanya aQ selalu berusaha tersenyum di depan mereka. aQ ga' mau mereka melihatQ menangis. Karena aQ ga' mau membuat mereka khawatir.

Tapi, sejak aQ ga' pernah lagi bertemu dengan sahabat pertamaQ dan juga cinta pertamaQ itu. HidupQ kembali kacau, ^_^ aQ selalu mudah terbawa emosi dan sering banget melawan orang tuaQ. aQ sempat menyalahkan mereka karena telah melahirkanQ dan membuat hidupQ menderita seperti ini. Hanya saja, kepengecutanQ membuatQ hanya bisa menangis dan memberontak tanpa berani untuk bertindak nekat. Ketika aQ sadari hal itu, ternyata Allah masih sayang padaQ karena memberiQ "iman" yang membuatQ masih berpikir jernih.

Hari2 yang aQ lalui jauh lebih berat dan menyakitkan saat aQ beranjak dewasa, itu dikarenakan aQ sudah mulai berpikir dan lebih banyak tahu juga mengerti. Hanya saja dibandingkan saat aQ SD dan SMP, saat aQ SMA,,aQ lebih terkenal sebagai anak pendiam dan pinter. aQ lebih banyak melampiaskan perasaanQ pada tulisan2. Buku daery dan cerpen adalah pelampiasanQ.

Sampai akhirnya aQ memasuki masa kuliah dan bertemu dengan orang-orang baru. aQ pikir aQ akan merasa kesepian terus sepanjang hidupQ dan ga' memiliki teman apalagi sahabat. Sulit untukQ membuka hatiQ, karena aQ begitu takut terluka lagi. Tapi pendewasaan diri merubahQ dan membuatQ memberanikan diri membuka diri dengan orang lain. Sampai aQ memiliki begitu banyak teman dan juga sahabat yang aQ sayangi, dan aQ harap mereka juga menyayangiQ..^_^

"D'S2BY" nama yang aneh, tapi itulah awalnya yang membuat aQ dan teman2Q terikat. Ina, Tya, Rahma, dan juga Hamid. Meski muncul banyak masalah, dan ga' lagi menggunakan nama itu, aQ dan mereka masihlah dekat dan akrab sebagai sahabat. Lalu muncul Izna, Andini, Lida, Sari, Mila, Dian lalu Jumae. Mereka menambah warna dalam hidupQ. Kemudian ada lagi Syamsiah, Yuyun, Alfi dan yang lainnya yang juga membuatQ merasa ga' kesepian. Mereka berharga untukQ, dan mereka yang membuatQ begitu bersyukur atas hidupQ sampai saat ini.

Dua abang yang aQ sayangi, Jumae dan Hamid. Meski kadang mereka membuatQ kesal dan marah, tapi..mereka selalu mau membantuQ, sehingga aQ jadi manja kepada mereka. Kemudian Tya yang selalu mau mendengarkan keluh kesahQ belakangan ini, menjadikanQ punya tempat berbagi. Ina, Rahma dan Izna, selalu ada saat aQ membutuhkan mereka meski aQ jarang kumpul dan mengeluh dengan mereka dibandingkan Tya, Jumae dan Hamid. Lalu ada Yuyun yang selalu menjadi temanQ ngobrol, ada Alfi yang menjadi temanQ bercanda, kemudian Syamsiah yang selalu memberiQ nasehat. Masih ada teman-teman lainnya yang ga' mungkin bisa aQ sebutkan semuanya. aQ sayang sekali dengan mereka.

aQ sungguh takut setelah berpisah, aQ akan kembali merasa kesepian. aQ akan sulit bertemu dengan mereka. Meski aQ kadang berusaha tegar, tapi setiap ingat hal itu, air mataQ jatuh ga' bisa aQ tahan. aQ mungkin ga' akan sanggup mengangkat wajahQ saat hari terakhir nanti. Bahkan sempat aQ berpikir untuk melupakan semuanya, agar aQ ga' terluka. Tapi..Tetap aja, aQ ga' punya keberanian melakukan hal itu. KebersamaanQ dengan mereka ga' akan bisa aQ lupakan. ^_^

Hiks..^_^, kok aQ jadi nangis gini..!!! aQ terlalu berlebihan..Ya!!! aQ terlalu berlebihan..Memang!!! aQ tahu semuanya pasti sedih, tapi aQ tetap merasa yang paling sedih. Karena aQ benar-benar bahagia pernah melalui hari-hari bersama mereka. aQ jarang memperlihatkan ekspresi lain selain cemberut, tersenyum, tertawa dan kesal. aQ selalu berusaha agar ga' ada yang bisa melihat ekspresi sedih, terluka juga takut di wajahQ, aQ ingin di kenal sebagai seorang periang tanpa masalah. aQ ingin menggambarkan kecerahan langit biru di wajahQ, bukan mendung.
aQ benar2 kekanak2an, tapi aQ sungguh takut..^_^, itu adalah perasaan jujur di hatiQ..

Dan aQ ingn berterimakasih pada Allah yang memberikanQ kesempatan hidup sampai sekarang. Juga aQ ingin berterimakasih pada semua teman2 dan sahabat2Q "Makasih sudah menjadi orang-orang yang dekat denganQ dan membuat hariQ berwarna! aQ sayang banget dengan Qalian." ^_^



Fhoto2 kenangan kebersamaanQ dengan teman2 n sahabat2Q


























Kamis, 28 Juni 2012

Lirik Lagu Lyn-Back In Time Ost The Moon That Embraces The Sun

gureume bicheun heuryeojigo
changgae yoranhi naerineun
bitmulsori mankeum sirin gieokdeuri
nae maeum butjapgo inneunde

 
galsurok jiteojyeogan
geuriume jamgyeo
siganeul geoseulleo galsun eomnayo
geu ttaecheoreomman geudae nal anajumyeon
gwaenchanheultende ijen

jeojeodeun bitgireul ttaraga
hamkkehan chueogeul dorabwa
heuryeojin bitmure tteooreun geudaega
nae nunmul sogeseo chaollawa

galsurok jiteojyeogan
geuriume jamgyeo
siganeul geoseulleo galsun eomnayo
geu ttaecheoreomman geudae nal anajumyeon
gwaenchanheultende ijen

heuteojyeoga, nawa isseojudeon geu sigando geu moseupdo
dasi geu ttaecheoreomman geudaereul anaseo
siganeul geoseulleo galsu eomnayo
hanbeonirado majimagiljirado
gwaenchanheultende

Profil Kelas B (Part I)

Baiklah..ini posting pertamaQ yang isinya tentang profil anak-anak dari kelasn B angkatan 2008 (S1 PGSD)..^_^, sebelumnya aQ minta maaf klau dari kata2Q ada yang salah, karena aQ juga manusia biasa yg ga' luput dari salah..hee
Oke..untuk yang pertama ini aQ, akan memposting 3 profil dulu dri teman-temanQ di kelas B yang totalnya berjumlah 55..^_^
Kira2 aQ bakal mulai dari siapa dulu yach??? hee..tapi yang jelas ga' berdasarkan no absen kok!!!

Ok Langsung aja!!!!

1.

Nama : Ari Hidayat
TTL : Kertak Hanyar, 10 Mei 1988
Zodiak/Shio : Taurus/Naga
Motto : Sekali becabur pantang dapat basahnya saja
Pesan : Jgn pernah bermimpi kawan krna itu dlm keadaan tdak sadar, akan tetapi berangan-anganlah krna disaat itu kdua matamu msh trbuka lbar


Pengenalan Karakter
Ari adalah ketua suku..huft, maksudnya ketua kelas dari kelas kami B'08. Dia dulu juga menjabat sebagai Wakil Ketua IMPS di kampus kami yaitu PGSD tercinta. Dalam bidang seni Teater & Drama, Arilah jagonya, dia banyak bergelut di bidang itu. & no hpnya 085754000356
Pandangan tentang Ari dimata aQ..
Ari satu-satunya orang yang tepat menduduki jabatan sebagai ketua karena hanya dia yang mampu mengendalikan situasi kelas yang sering kacau. hehe..Tapi Ari juga kadang-kadang iseng dan nyebelin, yang aQ tahu dia suka banget becanda. Bahkan pernah menyembunyikan sepatuQ,, juga suka banget ngomong hal jorok tentang makanan yang ga' aQ suka. Tapi dari sisi yang aQ ketahui Ari baik kok, karena aQ ga' begitu mengenal dekat dengannya, jadi aQ ga' bisa bnyak komentar.

Nah..ini dia wajah n tampang Sang Ketua Kelas B'08
Yang ini saat di kapal menuju pulau pinus

 Klo yg ini saat berada di samping ruang 20 bawah

Dan yg ini saat pelajaran menggambar di gedung baru atas

Yang ini sich saat hardiknas tahun pertama, ini ari loch..hee



2. 
Nama : Syamsiah
Ttl : banjarmasin, 2 mei 1991
Zodiak : taurus
Gol darah : B
Motto : hidup mulia, mati husnul khotimah
Facebook : syamsiah aliyya

Pengenalan Karakter
Syamsiah merupakan asisten Ari, jadi saat Ari ga' ada atau ga' masuk kuliah maka Syamsiah yang bertugas mengantikannya. Syamsiah yang selama ini memegang absen di kelas kami. Dia juga dulu merupakan ketua dari Devisi IMPS bagian Keagamaan. Syamsiah juga aktifis kampus yang aktif dalam organisasi keagamaan yaitu KAMMI.
Pandangan Mengenai Syamsiah dimataQ..
Syamsiah orangnya baik, dia teman yang menyangkan. Aku suka minta nasehat dan mengeluh padanya. Dia terlihat lebih sering tersenyum dibandingkan cemberut. Aku mengenal syamsiah sejak pertama kali kuliah, dan aku sempat akrab banget dengannya. Meski ga' seakrab dulu, aku masih suka ngobrol atau cerita ke dia..^_^
Dan ini dia wajah dari Syamsiah




3.
Nama : Rahmawati
TTL : Brbai, 9 Januari 1990
Zodiak : Capricron
Gol Darah : O
Motto : Hdp akn bhgia jka qm mmbuat hdupmu bhgia

Pengenalan Karakter
Rahma adalah mantan bendahara IMPS. Dia tidak aktif di bidang atau organisasi apapun setelahh itu. Tapi dia hobby wisata kuliner. Dan no HPnya 087815818343
PandanganQ terhadap Rahma
Rahma, merupakan salah satu dari beberapa orang yang adalah teman dekatQ (Sahabat). Dia tipe yang menyenangkan untuk diajak jalan-jalan, apalgi nyari makan di luar. Dia termasuk ke salah satu temanQ yg tergolong pinter. Rahma lebih mandiri dari apa yang terlihat, hanya kadang dia manja pada teman-temannya.

Dan ini dia yang namaya Rahma








Oke kan..untuk yang kali ini, info mengenai profil seluruh anak-anak kelas B'08, cukup ini aja dulu, pada kesempatan berikutnya akan aQ posting 3 orang profil ge..Kira-kira siapa yach? Hem..hee rahasia!!!


Gumawo..!!!


My Favorite Song (K-Pop) Part I

Daftar lagu korea favoritq yang bukan cuma penyanyinya yang aQ suka, tapi suara dan lirik lagunya...

Mulai dari lagu2 yang merupakan OST Drama korea
1. Ost 49 Days
  • Tears Are Falling-Shinjae
  • Teaser
  • Scarecrow-Jung Il Woo
  • Why Are Not-TIM

2. Ost BBF
  • Love U-Howl
  • What do I do-Jisun
  • My Everything-Lee Min Hoo
  • Stand By Me-Shinee
  • Because I'm Stupid-SS501
  • Nappeun Maemuel Meokgehae-T Max
  • Paradise-T Max

3. Ost Bread Love and Dream
  • Hope Is A Dream That Doesn't Sleep-Kyuhyun (SuJu)
  • Geu saram-Lee Seung Chul

4. Ost Briliant Legecy
  • Crazy In Love-Jisun
  • The Person Who Lives In My Heart-Isu Of MC The Max

5. Ost  Cinderella's Sister
  • Turn Around-Joo
  • It Has To Be You-Yesung (SuJu)

6. Ost City Hunter
  • So Goodbye-Jong Hyun (Shinee)
  • Love-Yim Jae Bum

7. Ost Dong Yi
  • Wind From The End Of The Sky-Jang Nara

8. Ost Dream High
  •  Someday-IU
  • Dreaming-Kim Soo Hyun
  • Maybe-Sunye (Wonder Girls)
  • Winter Child-Suzy (Miss A)
  • Cant Let You Go Even If I Die-2AM

9. Ost Endless Love
  • Reason-Main Title

10. Ost Flower Boy Romyun Sho
  • Someone Like You-Jung Il Woo

11. Ost Full House

  • Geu Deh Ji Geum-Lyn
  •  Sha la la-Song Hye Gyo
  • I Think I Love You
  • Why-Rain
 
12. Ost Heartstring
  • So Give Me Smile-M Signal
  • Star-Kang Min Hyuk (CN Blue)
  • Because I Love U-Jung Yong Hwa (CN Blue)
  • Even If It's Not Necessary-FT Island

13. Ost Lie To Me
  • Lovin Ice Cream-As One ft EZ Life
  • Shameless Lie-Jadu ft E-Tribe
  • You Are My Love-Kim Yeon Woo




14. Ost My Girl
  • Seng Uh Reu Sarang Han-Jo Kwan Woo
  • Mone-Kara
  • Suh Reun Bun Jude-Kyo
  • Never Say Goodbye-Niko & Nasty
  • Chum Boo Tuh-Yun Woo
  • Sang Eul Ren-Park Hee Kyung

15. Ost My Girlfriend Is A Gumiho
  • Fox Rain
  • Losing My Mind-Lee Seung Gi
  • Starting Now,  I Love You-Lee Seung Gi
  • The Person I Will Love-Lee Seul Bi
  • Tears Of Blood-Lisa
  • Two As One-Lyn
  • Look At Me-Park Hong

16. Ost My Princess
  • Because Of You-B2ST
  • Kasio-Taru
  • Cherish That Person-Yeseob (B2ST)

17. Ost Oh! My Lady
  • Give Me To Love Baby-Sunny (SNSD)

18. Ost Personal Taste
  • Like A Fool-2AM
  • Can't Believe It-Younha

19. Ost Play Full Kiss
  • Will You Kiss Me-G Na
  • One More Time-Kim Hyun Joong
  • Kiss Kiss Kiss-Pink Toniq
  • Should I Confess-Sistar

20. Ost Princess Hours
  • Perhaps Love-Howl ft Jisun
  • You I Am A Fool

21. Ost Prosecutor Princess
  • Goodbye My Princess-Monday Kiss
  • For You-Park Shi Hoo
  • Fly High-Shinee
22. Ost Protect The Boss
  • Let Us Just Love-A Pink
  • I'll Protect You-Kim Jaejoong
  • I can Only See You-Yewon (Jewelry) & Kwanghee (ZEA)
23. Ost Sassy Girl Chun Yang
  • Oong Goop Shil-Izi
  • Jah Yoo Lah Wal II-Jini
  • Saranghaeyo-Kim Hyun Sup

24. Ost Secret Garden
  • Reason-4Men
  • That Man-Hyun Bin
  • That Woman-Baek Ji Young
  • Scar-Bios
  • Appear-Kim Bum Soo
  • You Are My Spring-Sung Si Kyung



25. Ost Stairway To Heaven
  • Na man Eh Nuh-Kim Hyun Ah
  • Bogoshipda

26. Ost Greatest Love
  • Because My Person-G Na

27. Ost The Moon That Embraced The Sun
  • Back In Time-Lyn

28. Ost Who Woman Still Marry Me
  • Beautifull Girl-Star

29. Ost Winter Sonata
  • My Memory-Ryu
  • From The Beginning Until Now

Nah..baru ke Boyband n Girlband korea, eaaatttttttttttt..tapi ntar dech, aq tulis di postingan selanjutnya..
^_^

Makasih...!!!

Selasa, 19 Juni 2012

Pendidikan IPS SD


HAKIKAT IPS
·         -Sejarah ips
Bidang studi ips yg masuk ke Indonesia adalah brsal dari amerika serikat, yg dinegaranya disebut social studies. IPS di Indonesia merupakan bidang studi baru, karena dikenal sejak diberlakukan kurikulum 1975. Latar belakang dimasukkannya IPS ke dalam kurikulum sekolah karena munculnya masalah-masalah nasional akibat peristiwa G30S/PKI, salah satu masalah tersebut adalah rendahnya mutu pendidikan di Indonesia.
·        - IPS terpadu adalah pengetahuan yang bersumber dari geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan ilmu politik yang mengupas tentang berbagai kenyataan dan gejalan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Sejarah nasional adalah pengetahuan mengenai proses perkembangan masyarakat Indonesia dari masa lampau hingga masa kini.
·         -IPS adalah fusi dari disiplin-disiplin ilmu social. Pengertian fusi disini adalah bahwa IPs merupakan bidang studi utuh yang tidak terpisah-pisah dalam kotak-kotak disiplin ilmu yang ada. Artinya bahwa bidang studi IPS tidak lagi mengenal adanya pelajaran geografi, ekonomi, sejarah secra terpisah, melainkan semua disiplin tersebut diajarkan secara terpadu.
·         -Kurikulum KTSP 2006 untuk tingkat SD menyatakan bahwa mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.       Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2.       Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social.
3.       Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan
4.       Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk , di tingkat local, nasional dan global.
·        - Ruang lingkup kajian IPS meliputi :
1.       Substansi materi ilmu-ilmu social yang bersentuhan dengan msyarakat.
2.       Gejala, masalah, dan peristiwa social tentang kehidupan masyarakat.

FAKTA, KONSEP DAN GENERALISASI ILMU-ILMU SOSIAL
·         -Fakta adalah kenyataan yang ada di sekitar kita yang tidak terbatas jumlahnya. Fakta merujuk pada suasana yang khusus dan keberlakuan yang terbatas (kurang berlaku umum). Fakta merupakan tingkatan yang paling rendah dari suatu abstraksi. Cirinya : bersifat khas, bersifat konkret, dan tidak berulang-ulang
·         -Konsep secara sederhana adalah penamaan (pemberian lebel) untuk sesuatu yang membantu seseorang mengenal, mengerti dan memahami sesuatu tersebut. Konsep adalah kesepakatan bersama untuk penamaan sesuatu dan merupakan alat intelektual yang membantu kegiatan berpikir dan memecahkan masalah. Jenisnya: Konsep konjungtif (apabla nilai-nilai yg sesuai dan atribut2nya terdpt dlm skelompok benda secara bersama2), konsep disjungtif (lebih sukar karena hrus menarik kesimpulan atau mencari abstraksi persamaan antra benda2 yg tdk sama), dan konsep relasional (gabungan sekelompok benda yg atribut2nya mempunyai hubungan yang kita cipatakan). Pembinaan konsep berarti mengajarkan aspek konotatif dari suatu konsep sampai membentuk suatu abstraksi pada diri siswa, merupakan proses yang memakan waktu.
·         -Generalisasi adalah hbungan atau beberapa konsep atau adalah rangkaian atau hubungan. Menurut Nursid Sumaatmadja, generalisasi adalah hubungan dua konsep atau lebih dalam bentuk kalimat lengkap yang merupakan pernyataan diklaratif dan dapat dijadikan suatu prinsip atau ketentuan dalam IPS.
·         -Nilai adalah keyakinan, kepercayaan, norma atau kepatuhan-kepatuhan yang dianut oleh seseorang ataupun kelompok masyarakat tentang sesuatu.
·         -Menurut BImo waigito, sikap adalah keadaan yang ada pada diri manusia yang menggerakkan untuk bertindak dan menyertai manusia dengan perasaan-perasaan tertentu dalam menanggapi objek dan semua itu terbentuk atas pengalaman. Sikap adalah kondisi mental/psikis yng punya kecenderungan untuk berbuat atau bertindak.
·         -Keterampilan intelektual adalah mempelajari sesuatu yang telah memiliki ciri-ciri tertentu. Tujuannya untuk melatih siswa berfikir logis dan sistematis dalam memecahkan persoalan nyata dalam kehidupan masyarakat.
·         Kepribadian adalah organisasi dinamik dari proses2 kejiwaan yang diwariskan biologik dengan kondisi kehidupannya.
·         -Masyarakat merupakan kelompok manusia yang tinggal pada wilayah tertentu yang diikat oleh norma atau system nilai yang dimilikinya selalu mengalami perubahan.
·         -Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain yang meliputi 3 aspek, yaitu komponen fisik, komponen hayati, dan kemampuan manusia dan perilakunya.
·          
MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN IPS
·         -Media adalah alat atau sarana yang digunakan sebagai perantara (medium), untuk menyampaikan pesan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses komunikasi yang di dalamnya ada unsur2 yaitu sumber pesan (guru), penerima pesan (siswa), dan pesan yaitu materi pelajaran yang diambil.
·         -Fungsi media :
1.       Menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu
2.       Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu
3.       Menambah gairah dan motivasi belajar siswa
4.       Media pembelajaran memiliki nilai praktis
·         -Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar.
·         Macam2 sumber belajar, yaitu: pesan, orang, dan bahan

MAKALAH PROGRAM PEMBELAJARAN
·         -Program semester adalah rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar yang dibuat dalam jangka waktu satu semester dengan memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu tiap minggu.
·         -Tujuan dan manfaat pembuatan program semester yaitu:
1.       Memberikan gambaran mengenai acuan kerja dalam jangka waktu satu semester dengan memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu tiap minggu.
2.       Untuk memudahkan guru dalam merancang rpp terutama dalam menentukan alokasi waktu
3.       Agar memudahkan guru dalam menganalisis berapa minggu yang tersedia untuk pelaksanaan proses pembelajaran
4.       Memudahkan dalam menentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
5.       Memudahkan guru dalam mengidentifikasi keluasann dan kedalaman kompetensi dasar dan indicator.
6.       Memudahkan guru dalam melakukan pemetaan kempetensi dasar untuk tiap semester
·         -Komponen program semester, yaitu:
a)      Dirancang pada semester berapa
b)      SK/KD
c)       Menentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan
d)      Perhitungan alokas waktu.
·         -RPP merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
·         -Tujuan dan Manfaat RPP:
a)      Utk mebrikan lndasan pokok bagi guru & siswa dlm mencapai kompetensi dasar & indicator
b)      Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek
c)       Member pengaruh terhadap pengembangan individu siswa
d)      Kegiatan akan lbih mudahh dilaksanakan, terarah dan terkendali.
e)      Terhindar dari kesalahan dalm pelksanaan langkah-langkah pmblejaran/model pembelajaran.
f)       Agar pembelajaran yg terjadi di dalam kelas mencapai hasil yg maksimal.

EVALUASI PEMBELAJARAN IPS
·         -Evaluasi dengan teknik tes bertujuan untuk mengetahui:
a.       Tingkat kemampuan awal siswa
b.      Hasil belajar siswa
c.       Perkembangan prestasi siswa
d.      Keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
·         -Tujuan tes lisan, yaitu untuk menilai:
1.       Kemampuan memecahkan maslah
2.       Proses berpikir terurama melihat hubungan  sebab akibat
3.       Kemampuan menggunakan bahasa lisan
4.       Kemampuan mempertanggungjawabkan pendapat atau konsep yang dikemukakan.
·         -Teknik non tes cara penilaiannya dilakukan melalui:
a.       Pengamatan atau observasi
b.      Wawancara
c.       Angket (wawancara yang dilakukan secara tertulis)
d.      Skala (alat utk mengukut nilai, sikap, minat, perhatian dll yg disusun dlm bentuk pernyataan untuk dinilai oleh responden dan hasilnya dalam bentuk rentang nilai sesuai dgn criteria yg ditentukan)

Senin, 18 Juni 2012

LAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR


LAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR


A.      Melakukan Identifikasi Adanya Anak Berkebutuhan Khusus
Umumnya guru memiliki catatan atau rekaman tentang perkembangan masing-masing siswa, bagaimana kondisinya dan kebutuhan pendidikan apa yang diperlukan, terlebih untuk anak-anak berkebutuhan khusus.
Untuk mengenali anak-anak berkebutuhan khusus dapat dimulai dengan melakukan identifikasi. Identifikasi dalam pengertian ini, dimaksudkan adalah usaha untuk mengenali atau menemukan anak berkebutuhan khusus sesuai dengan ciri-ciri yang ada. Dalam kamus kontemporer dijelaskan bahwa yang dimaksud identifikasi adalah pengenalan, penyamaan, dan tanda bukti pengenal, menemukenali anak-anak berkebutuhan khusus sudah barang tentu membutuhkan perhatian serius. Ada anak-anak dengan mudah dapat dikenali sebagai anak berkebutuhan khusus, tetapi ada juga yang membutuhkan pendekatan dan peralatan khusus untuk menentukan, bahwa anak tersebut tergolong anak berkebutuhan khusus. Anak-anak yang mengalami kelainan fisik misalnya, dapat dikenali dengan keberadaannya, sebaliknya untuk anak-anak yang mengalami kelainan dalam segi intelektual maupun emosional memerlukan instrument dan alasan yang rasional untuk dapat menentukan keberadaanya.

Teknik Identifikasi
            Pada hakekatnya ada banyak metode atau teknik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Beberapa teknik khusus akan sangat diperlukan untuk menemukenali anak-anak yang berkebutuhan khusus. Hal ini diperlukan, mengingat adanya karakteristik atau ciri-ciri khusus yang ada pada mereka, yang tidak dapat diidentifikasi secara umum. Akan diuraikan beberapa teknik identifikasi secara umum, yang memungkinkan bagi guru-guru untuk melakukannya sendiri di sekolah, yaitu: observasi, wawancara, tes psikologi, dan tes buatan sendiri. Secara lebih jelas keempat teknik tersebut, dapat diuraikan sebagai berikut:
a.       Observasi
Observasi merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk melakukan identifikasi anak-anak berkebutuhan khusus, yaitu dengan cara mengamati kondisi atau keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di kelas atau di sekolah secara sistematis. Observasi dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung. Secara langsung, dalam arti melakukan observasi secara langsung terhadap obyek atau siswa dalam lingkungan yang wajar, apa adanya dalam aktivitas kesehariannya. Sedang observasi tidak langsung, dilakukan dengan menciptakan kondisi yang diinginkan untuk diobservasi, misalnya anak diminta untuk melakukan sesuatu, berbicara, menulis, membaca atau yang lainnya untuk selanjutnya diamati dan dicatat hasilnya.
            Untuk mempermudah pelaksanaan observasi guru dapat mempersiapkan lembar observasi sederhana yang dapat dirancang dan dikembangkan berdasarkan karakteristik yang dimiliki anak-anak berkebutuhan khusus.
            Contoh:
            Nama siswa     :..........
            Kelas               :..........
           
Aspek
Indikator
Gejala

Catatan


Nampak
Tidak nampak

penglihatan
1.      Sering mendekatkan mata saat membaca atau menulis
2.      Selalu mencari sumber suara
3.      Membutuhkan pertolongan saat mengambil sesuatu



pendengaran
1.        Kesulitan mendengarkan penjelasan guru
2.        Selalu mendekatkan telinga saat berkomunikasi
3.        Sering menggunakan isyarat saat berkomunikasi



Fisik
1.        Mengalami kesulitan dalam berjalan atau bergerak
2.        Motorik halusnya kurang saat menulis atau menggambar
3.        Kelainan dari sebagian anggota tubuh



Perhatian
1.        Tidak dapat memudahkan perhatian
2.        Perhatiannya berubah-ubah
3.        Menyibukkan diri sendiri saat pelajaran



Intelektual
1.        Tidak dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan
2.        Jarang mengajukan pertanyaan
3.        Pekerjaan akademiknya tidak teratur



Perilaku
1.        Sering mengganggu teman
2.        Hiperktif
3.        Sering membolos



             
b.      Wawancara
Wawancara merupakan salah satu teknik untuk memperoleh informasi mengenai keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus, dalam upaya melakukan identifikasi. Apabila data atau informasi yang diperoleh melalui observasi kurang memadai, maka guru dapat melakukan wawancara terhadap siswa, orang tua, keluarga, teman sepermainan, atau pihak-pihak yang dimungkinkan untuk dapat memberikan informasi tambahan mengenai keberadaan anak tersebut, guru dapat menggunakan materi instrumen observasi sebagai panduan dalam melakukan wawancara. Hal ini akan mempermudah bagi guru dalam memfokuskan informasi yang ingin diperoleh.
c.       Tes
Teknik lain yang dapat dilakukan dalam mengidentifikasi anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar adalah melalui tes yang dibuat sendiri oleh guru. Tes merupakan suatu cara untuk melakukan penilaian yang berupa suatu tugas atau serangkaian tugas yang harus dikerjakan oleh anak, yang akan menghasilkan suatu nilai tentang kemampuan atau perilaku anak yang bersangkutan. Bentuk tes berupa suatu tugas yang berisi pertanyaan-pertanyaan atau perintah-perintah yang harus dikerjakan anak, untuk selanjutnya dinilai hasilnya.
            Untuk identifikasi anak berkebutuhan khusus tes dapat dilakukan dalam bentuk perbuatan ataupun tulisan. Dalam bentuk perbuatan, misalnya guru dapat meminta siswa yang diduga mengalami kelainan tertentu untuk melakukan sesuatu yang terkait dengan kemungkinan terjadinya kelainan. Misalnya, untuk anak yang diduga mengalami kelainan pendengaran diminta untuk menyimak beberapa jenis suara, kemudian ditanyakan suara apa itu, dari mana datangnya suara, dan sebagainya. Sedang tes tertulis dapat diberikan kepada siswa-siswa yang diduga mengalami kelainan untuk menilai kemampuannya. Dalam hal ini soal atau pertanyaan-pertanyaan  dapat dibuat secara sederhana, sesuai kondisi dan perkembangan anak. Apabila anak mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan usianya, maka materi tugas yang diberikan ditingkatkan sesuai dengan usia di atasnya, sebaliknya bila anak tidak mampu mengerjakan, maka materi tugas di turunkan di bawah usia anak yang bersangkutan.
d.      Tes psikolog
Salah satu teknik lain yang sangat populer dan sering digunakan dalam upaya identifikasi anak berkebutuhan khusus adalah dengan tes psikolog. Jenis tes ini memiliki kelebihan dibanding dengan tes yang lainnya, karena memiliki akurasi yang lebih baik di banding tes buatan guru. Selain waktu pelaksanaanya yang lebih singkat, melalui tes psikolog juga dapat diprediksikan apa-apa yang akan terjadi dalam belajar anak di tahapan berikutnya. Untuk melihat tingkat kecerdasan seorang anak, tes psikologi merupakan salah satu instrumen yang lebih obyektif dan validitasnya telah teruji.
Sebenarnya tes psikolog tidak hanya terbatas pada tes kecerdasan saja, namun ada juga jenis tes psikologi yang digunakan untuk melihat aspek kepribadian atau perilaku seseorang.

B.       Melakukan Asesmen Kebutuhan Pendidikan yang diperlukan
Pengertian asesmen dalam kerangka pendidikan anak berkebutuhan khusus, dimaksudkan sebagai usaha untuk memperoleh informasi yang relevan guna membantu seseorang dalam membuat suatu keputusan. Dalam istilah bahasa inggris assesment berarti penilaian terhadap suatu keadaan, penilaian dalam konteks ini adalah evaluasi terhadap kondisi atau keadaan anak-anak berkebutuhan khusus, jadi bukan merupakan penilaian terhadap hasil suatu aktivitas atau kegiatan pembelajaran di sekolah. Walace. G & Larsen (1978:7) menegaskan, bahwa asesmen merupakan proses pengumpulan informasi pembelajaran yang relevan. Asesmen merupakan aktivitas yang sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah, untuk itu pelaksanaannya harus benar-benar dilakukan secara obyektif dan komprehensif terhadap kondisi dan kebutuhan anak.
Tujuan Asesmen
            Moh Amin (1995:125) menjelaskan adanya 5 tujuan dilaksanakannya asesmen bagi anak berkebutuhan khusus, yaitu :
1.      Menyaring kemampuan anak, yaitu untuk mengetahui kemampuan anak pada setiap aspek, misalnya bagaimana kemampuan bahasa, kognitif, kemampuan gerak, atau penyesuaian diri.
2.      Pengklasifikasian, penempatan, dan penentuan program.
3.      Penentuan arah dan tujuan pendidikan, ini terkait dengan perbedaan klasifikasi berat ringannya kelainan yang disandang seorang anak, yang berdampak pada perbedaan tujuan pendidikannya.
4.      Pengembangan program pendidikan individual yang sering dikenal sebagai individualized educational program, yaitu suatu program yang dirancang khusus secara individu untuk anak-anak berkebutuhan khusus.
5.      Penentuan strategi, lingkungan belajar, dan evaluasi pembelajaran

Langkah Umum Pelaksanaan Asesmen Pendidikan
Merumuskan prosedur asesmen
Menentukan tujuan asesmen
Penggunaan daftar tahapan lingkup materi
 










Melakukan tes informal
Melakukan tes formal
                                                                                


Menentukan tujuan asesmen
 


                                                                         
Penentuan strategi pembelajaran
                                                                         
Penerapan pembelajaran
 





C.      Memberikan Tindak Lanjut berupa Layanan Pendidikan yang dibutuhkan
Identifikasi Kebutuhan Pendidikan
            Langkah awal dalam pemberian layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar adalah melakukan identifikasi dan asesmen terhadap kebutuhan pendidikan dari siswa yang bersangkutan. Temukan terlebuh dahulu anak-anak yang diduga mengalami kelainan atau berkebutuhan khusus, dengan beberapa teknik identifikasi dan asesmen yang telah dipelajarai sebelumnya. Melalui asesmen permasalahan-permasalahan pendidikan khusus yang dialami anak akan diketahui, dalam bidang apa, dan rentang persoalan yang dihadapinya.
Anak-anak yang mengalami kesulitan dalam aspek berbahasa, tentu akan berbeda program dan strategi pelayanan dengan anak-anak memiliki permasalahan pada aspek matematika. Persoalan pendidikan yang dihadapi anak berkebutuhan banyak sekali ragamnya, yang secara umum berkenaan dengan membaca, menulis dan berhitung.
Pengembangan Program
            Salah satu program pembelajaran yang dirancang untuk anak-anak berkebutuhan khusus adalah program pembelajaran individual, yaitu program yang disusun sesuai dengan kebutuhan individu anak-anak berkebutuhan pendidikan khusus, baik untuk pendidikan jangka pendek atau jangka panjang. Istilah program pembelajaran individual (PPI), merupakan terjemahan dari bahasa inggris, The Individualized Program (IEP), yang menurut Hallahan (1991:25) dalam persiapannya harus merumuskan tingkat kemampuan siswa saat ini, yang memiliki tujuan jangka pendek atau jangka panjang.
            Mengenai program dan pelaksanaannya, amat penting adanya persetujuan dan kesepakatan dengan orangtua, yang menurut Hallahan (1991:30) menyangkut ketentuan-ketentuan:
1.      Tingkat kemampuan akademik siswa pada saat ini
2.      Tujuan tahunan untuk setiap siswa
3.      Hubungan antara tujuan jangka pendek dan jangka panjang
4.      Hubungan antara pendidikan khusus dan pelayanan yang diberikan, serta memberikan kesempatan kepada setiap anak yang berhasil untuk turut serta dalam program pendidikan umum
5.      Rencana untuk memulai layanan dan mengantisipasi lamanya pelayanan
6.      Prosedur evaluasi untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan program
Proses pengembangan PPI dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa panduan prosedur teknis, yaitu:
1.        Mendeskripsikan kompetensi siswa secara rinci pada saat sekarang dalam berbagai bidang pelajaran.
2.        Merumuskan tujuan, baik jangka panjang (tahunan) ataupun tujuan jangka pendek, secara khusus dalam kegiatan pembelajaran.
3.        Menentukan teknik dan alat evaluasi untuk mengetahui kemajuan yang telah dicapai.
4.        Mengembangkan ranah kurikulum yang akan dibuat atau diprogramkan.
5.        Menetapkan strategi pembelajaran, sesuai dengan penekanan pada ranah kurikulum.
Berikut ini adalah contoh format untuk program pembelajaran individual bagi anak berkebutuhan khusus.
PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL
Hari/Tgl/Bl/Th : ....................................
Nama Siswa                : ....................................
Alamat                         : ....................................
Nama Sekolah             : ....................................
Kelas                           : ....................................
Bid Kesulitan              : ....................................
Guru                            : ....................................

KOMPETENSI SISWA SAAT INI
.........................................................................
.........................................................................
KOMPETENSI DASAR YANG HARUS DIKUASAI
.........................................................................
.........................................................................
.........................................................................
Pelaksanaan
            Setelah program pembelajaran dibuat, selanjutnya adalah implementasinya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam hal ini, guru harus mempertimbangkan berbagai aspek dalam pelaksanaannya, yang memungkinkan program dapat berjalan secara efektif. Selain itu, perlu pula dipersiapkan beberapa hal penting yang terkait dengan program, diantaranya:
1.      Mencermati tujuan dan sasaran program yang akan dicapai, baik secara umum ataupun khusus berkenaan dengan pembelajaran baik anak berkebutuhan khusus di sekolah.
2.      Materi dan lembar kegiatan, yang diperlukan selama pelaksanaan program berlangsung di sekolah. Materi pembelajaran merupakan kegiatan penting yang harus dipersiapkan, dengan memperhatikan kompetensi yang akan di capai, serta struktur dan ranah kurikulum yang dikembangkan.
3.      Fasilitas dan sumber belajar, yaitu berupa media atau ruang sumber untuk kegiatan pembelajarn.
4.      Kalender pembelajaran
5.      Melakukan rapat koordinasi tim terlebih dahulu dilakukan yang melibatkan berbagai unsur sekolah, komite, dan orangtua siswa yang bersangkutan.

Dengan mempersiapkan pelaksanaan program dengan sebaik-baiknya, maka kompetensi yang diharapkan untuk mengatasi kesulitan akan lebih mudah dicapai.
Evaluasi
            Evaluasi diberikan pada setiap akhir kegiatan pembelajaran atau dalam periode waktu tertentu dalam bentuk tes informal maupun tes formal. Untuk anak-anak berkebutuhan khusus, sesungguhnya evalusi dapat dilakukan dengan portofolio.
Latihan 
            Untuk mendalami materi kajian sebagaimana yang telah disampaikan, maka perlu mengerjakan latihan-latihan.









TUGAS

Layana Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Dosen Pembimbing:






Di Susun Oleh:

Nurida                    : A1E 308 029
Imeldawati             : A1E 308 042
Abdul Hamid         : A1E 308 252
Rully Aprilya S      : A1E 308 282





KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM S1 PGSD
BANJARMASIN
2012
Daftar Pustaka

Suparno. 2008. Anak Berkebutuhan Khusus. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanal.