HAKIKAT IPS
· -Sejarah ips
Bidang studi ips yg masuk ke Indonesia adalah
brsal dari amerika serikat, yg dinegaranya disebut social studies. IPS di
Indonesia merupakan bidang studi baru, karena dikenal sejak diberlakukan
kurikulum 1975. Latar belakang dimasukkannya IPS ke dalam kurikulum sekolah
karena munculnya masalah-masalah nasional akibat peristiwa G30S/PKI, salah satu
masalah tersebut adalah rendahnya mutu pendidikan di Indonesia.
· - IPS terpadu adalah pengetahuan yang bersumber
dari geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan ilmu politik yang mengupas
tentang berbagai kenyataan dan gejalan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Sejarah nasional adalah pengetahuan mengenai
proses perkembangan masyarakat Indonesia dari masa lampau hingga masa kini.
· -IPS adalah fusi dari disiplin-disiplin ilmu social.
Pengertian fusi disini adalah bahwa IPs merupakan bidang studi utuh yang tidak
terpisah-pisah dalam kotak-kotak disiplin ilmu yang ada. Artinya bahwa bidang
studi IPS tidak lagi mengenal adanya pelajaran geografi, ekonomi, sejarah secra
terpisah, melainkan semua disiplin tersebut diajarkan secara terpadu.
· -Kurikulum KTSP 2006 untuk tingkat SD menyatakan
bahwa mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut:
1.
Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan
kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2.
Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis
dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan
dalam kehidupan social.
3.
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap
nilai-nilai social dan kemanusiaan
4.
Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama
dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk , di tingkat local, nasional dan
global.
· - Ruang lingkup kajian IPS meliputi :
1.
Substansi materi ilmu-ilmu social yang
bersentuhan dengan msyarakat.
2.
Gejala, masalah, dan peristiwa social tentang
kehidupan masyarakat.
FAKTA, KONSEP DAN GENERALISASI ILMU-ILMU SOSIAL
· -Fakta adalah kenyataan yang ada di sekitar kita
yang tidak terbatas jumlahnya. Fakta merujuk pada suasana yang khusus dan
keberlakuan yang terbatas (kurang berlaku umum). Fakta merupakan tingkatan yang
paling rendah dari suatu abstraksi. Cirinya : bersifat khas, bersifat konkret,
dan tidak berulang-ulang
· -Konsep secara sederhana adalah penamaan (pemberian
lebel) untuk sesuatu yang membantu seseorang mengenal, mengerti dan memahami
sesuatu tersebut. Konsep adalah kesepakatan bersama untuk penamaan sesuatu dan
merupakan alat intelektual yang membantu kegiatan berpikir dan memecahkan
masalah. Jenisnya: Konsep konjungtif (apabla nilai-nilai yg sesuai dan
atribut2nya terdpt dlm skelompok benda secara bersama2), konsep disjungtif (lebih
sukar karena hrus menarik kesimpulan atau mencari abstraksi persamaan antra
benda2 yg tdk sama), dan konsep relasional (gabungan sekelompok benda yg
atribut2nya mempunyai hubungan yang kita cipatakan). Pembinaan konsep berarti
mengajarkan aspek konotatif dari suatu konsep sampai membentuk suatu abstraksi
pada diri siswa, merupakan proses yang memakan waktu.
· -Generalisasi adalah hbungan atau beberapa konsep
atau adalah rangkaian atau hubungan. Menurut Nursid Sumaatmadja, generalisasi
adalah hubungan dua konsep atau lebih dalam bentuk kalimat lengkap yang
merupakan pernyataan diklaratif dan dapat dijadikan suatu prinsip atau
ketentuan dalam IPS.
· -Nilai adalah keyakinan, kepercayaan, norma atau
kepatuhan-kepatuhan yang dianut oleh seseorang ataupun kelompok masyarakat
tentang sesuatu.
· -Menurut BImo waigito, sikap adalah keadaan yang
ada pada diri manusia yang menggerakkan untuk bertindak dan menyertai manusia
dengan perasaan-perasaan tertentu dalam menanggapi objek dan semua itu
terbentuk atas pengalaman. Sikap adalah kondisi mental/psikis yng punya
kecenderungan untuk berbuat atau bertindak.
· -Keterampilan intelektual adalah mempelajari
sesuatu yang telah memiliki ciri-ciri tertentu. Tujuannya untuk melatih siswa
berfikir logis dan sistematis dalam memecahkan persoalan nyata dalam kehidupan
masyarakat.
·
Kepribadian adalah organisasi dinamik dari
proses2 kejiwaan yang diwariskan biologik dengan kondisi kehidupannya.
· -Masyarakat merupakan kelompok manusia yang
tinggal pada wilayah tertentu yang diikat oleh norma atau system nilai yang
dimilikinya selalu mengalami perubahan.
· -Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan
semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk perilakunya, yang
mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk
hidup lain yang meliputi 3 aspek, yaitu komponen fisik, komponen hayati, dan
kemampuan manusia dan perilakunya.
·
MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN IPS
· -Media adalah alat atau sarana yang digunakan
sebagai perantara (medium), untuk
menyampaikan pesan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran merupakan
proses komunikasi yang di dalamnya ada unsur2 yaitu sumber pesan (guru),
penerima pesan (siswa), dan pesan yaitu materi pelajaran yang diambil.
· -Fungsi media :
1.
Menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa
tertentu
2.
Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek
tertentu
3.
Menambah gairah dan motivasi belajar siswa
4.
Media pembelajaran memiliki nilai praktis
· -Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di
sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan
untuk membantu optimalisasi hasil belajar.
·
Macam2 sumber belajar, yaitu: pesan, orang, dan bahan
MAKALAH PROGRAM PEMBELAJARAN
· -Program semester adalah rancangan kegiatan
belajar mengajar secara garis besar yang dibuat dalam jangka waktu satu semester
dengan memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu tiap minggu.
· -Tujuan dan manfaat pembuatan program semester
yaitu:
1.
Memberikan gambaran mengenai acuan kerja dalam
jangka waktu satu semester dengan memperhatikan program tahunan dan alokasi
waktu tiap minggu.
2.
Untuk memudahkan guru dalam merancang rpp
terutama dalam menentukan alokasi waktu
3.
Agar memudahkan guru dalam menganalisis berapa
minggu yang tersedia untuk pelaksanaan proses pembelajaran
4.
Memudahkan dalam menentukan pada bulan dan
minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
5.
Memudahkan guru dalam mengidentifikasi keluasann
dan kedalaman kompetensi dasar dan indicator.
6.
Memudahkan guru dalam melakukan pemetaan
kempetensi dasar untuk tiap semester
· -Komponen program semester, yaitu:
a)
Dirancang pada semester berapa
b)
SK/KD
c)
Menentukan pada bulan dan minggu keberapa proses
pembelajaran KD itu akan dilaksanakan
d)
Perhitungan alokas waktu.
· -RPP merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai
tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.
RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian
pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi
dan dijabarkan dalam silabus.
· -Tujuan dan Manfaat RPP:
a)
Utk mebrikan lndasan pokok bagi guru & siswa
dlm mencapai kompetensi dasar & indicator
b)
Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka
pendek
c)
Member pengaruh terhadap pengembangan individu
siswa
d)
Kegiatan akan lbih mudahh dilaksanakan, terarah
dan terkendali.
e)
Terhindar dari kesalahan dalm pelksanaan
langkah-langkah pmblejaran/model pembelajaran.
f)
Agar pembelajaran yg terjadi di dalam kelas
mencapai hasil yg maksimal.
EVALUASI PEMBELAJARAN IPS
· -Evaluasi dengan teknik tes bertujuan untuk
mengetahui:
a.
Tingkat kemampuan awal siswa
b.
Hasil belajar siswa
c.
Perkembangan prestasi siswa
d.
Keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran
· -Tujuan tes lisan, yaitu untuk menilai:
1.
Kemampuan memecahkan maslah
2.
Proses berpikir terurama melihat hubungan sebab akibat
3.
Kemampuan menggunakan bahasa lisan
4.
Kemampuan mempertanggungjawabkan pendapat atau
konsep yang dikemukakan.
· -Teknik non tes cara penilaiannya dilakukan
melalui:
a.
Pengamatan atau observasi
b.
Wawancara
c.
Angket (wawancara yang dilakukan secara tertulis)
d.
Skala (alat utk mengukut nilai, sikap, minat,
perhatian dll yg disusun dlm bentuk pernyataan untuk dinilai oleh responden dan
hasilnya dalam bentuk rentang nilai sesuai dgn criteria yg ditentukan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar