Label

Selasa, 19 Juni 2012

Pendidikan IPS SD


HAKIKAT IPS
·         -Sejarah ips
Bidang studi ips yg masuk ke Indonesia adalah brsal dari amerika serikat, yg dinegaranya disebut social studies. IPS di Indonesia merupakan bidang studi baru, karena dikenal sejak diberlakukan kurikulum 1975. Latar belakang dimasukkannya IPS ke dalam kurikulum sekolah karena munculnya masalah-masalah nasional akibat peristiwa G30S/PKI, salah satu masalah tersebut adalah rendahnya mutu pendidikan di Indonesia.
·        - IPS terpadu adalah pengetahuan yang bersumber dari geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, dan ilmu politik yang mengupas tentang berbagai kenyataan dan gejalan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Sejarah nasional adalah pengetahuan mengenai proses perkembangan masyarakat Indonesia dari masa lampau hingga masa kini.
·         -IPS adalah fusi dari disiplin-disiplin ilmu social. Pengertian fusi disini adalah bahwa IPs merupakan bidang studi utuh yang tidak terpisah-pisah dalam kotak-kotak disiplin ilmu yang ada. Artinya bahwa bidang studi IPS tidak lagi mengenal adanya pelajaran geografi, ekonomi, sejarah secra terpisah, melainkan semua disiplin tersebut diajarkan secara terpadu.
·         -Kurikulum KTSP 2006 untuk tingkat SD menyatakan bahwa mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.       Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2.       Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social.
3.       Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan
4.       Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk , di tingkat local, nasional dan global.
·        - Ruang lingkup kajian IPS meliputi :
1.       Substansi materi ilmu-ilmu social yang bersentuhan dengan msyarakat.
2.       Gejala, masalah, dan peristiwa social tentang kehidupan masyarakat.

FAKTA, KONSEP DAN GENERALISASI ILMU-ILMU SOSIAL
·         -Fakta adalah kenyataan yang ada di sekitar kita yang tidak terbatas jumlahnya. Fakta merujuk pada suasana yang khusus dan keberlakuan yang terbatas (kurang berlaku umum). Fakta merupakan tingkatan yang paling rendah dari suatu abstraksi. Cirinya : bersifat khas, bersifat konkret, dan tidak berulang-ulang
·         -Konsep secara sederhana adalah penamaan (pemberian lebel) untuk sesuatu yang membantu seseorang mengenal, mengerti dan memahami sesuatu tersebut. Konsep adalah kesepakatan bersama untuk penamaan sesuatu dan merupakan alat intelektual yang membantu kegiatan berpikir dan memecahkan masalah. Jenisnya: Konsep konjungtif (apabla nilai-nilai yg sesuai dan atribut2nya terdpt dlm skelompok benda secara bersama2), konsep disjungtif (lebih sukar karena hrus menarik kesimpulan atau mencari abstraksi persamaan antra benda2 yg tdk sama), dan konsep relasional (gabungan sekelompok benda yg atribut2nya mempunyai hubungan yang kita cipatakan). Pembinaan konsep berarti mengajarkan aspek konotatif dari suatu konsep sampai membentuk suatu abstraksi pada diri siswa, merupakan proses yang memakan waktu.
·         -Generalisasi adalah hbungan atau beberapa konsep atau adalah rangkaian atau hubungan. Menurut Nursid Sumaatmadja, generalisasi adalah hubungan dua konsep atau lebih dalam bentuk kalimat lengkap yang merupakan pernyataan diklaratif dan dapat dijadikan suatu prinsip atau ketentuan dalam IPS.
·         -Nilai adalah keyakinan, kepercayaan, norma atau kepatuhan-kepatuhan yang dianut oleh seseorang ataupun kelompok masyarakat tentang sesuatu.
·         -Menurut BImo waigito, sikap adalah keadaan yang ada pada diri manusia yang menggerakkan untuk bertindak dan menyertai manusia dengan perasaan-perasaan tertentu dalam menanggapi objek dan semua itu terbentuk atas pengalaman. Sikap adalah kondisi mental/psikis yng punya kecenderungan untuk berbuat atau bertindak.
·         -Keterampilan intelektual adalah mempelajari sesuatu yang telah memiliki ciri-ciri tertentu. Tujuannya untuk melatih siswa berfikir logis dan sistematis dalam memecahkan persoalan nyata dalam kehidupan masyarakat.
·         Kepribadian adalah organisasi dinamik dari proses2 kejiwaan yang diwariskan biologik dengan kondisi kehidupannya.
·         -Masyarakat merupakan kelompok manusia yang tinggal pada wilayah tertentu yang diikat oleh norma atau system nilai yang dimilikinya selalu mengalami perubahan.
·         -Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain yang meliputi 3 aspek, yaitu komponen fisik, komponen hayati, dan kemampuan manusia dan perilakunya.
·          
MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN IPS
·         -Media adalah alat atau sarana yang digunakan sebagai perantara (medium), untuk menyampaikan pesan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses komunikasi yang di dalamnya ada unsur2 yaitu sumber pesan (guru), penerima pesan (siswa), dan pesan yaitu materi pelajaran yang diambil.
·         -Fungsi media :
1.       Menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu
2.       Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu
3.       Menambah gairah dan motivasi belajar siswa
4.       Media pembelajaran memiliki nilai praktis
·         -Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar.
·         Macam2 sumber belajar, yaitu: pesan, orang, dan bahan

MAKALAH PROGRAM PEMBELAJARAN
·         -Program semester adalah rancangan kegiatan belajar mengajar secara garis besar yang dibuat dalam jangka waktu satu semester dengan memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu tiap minggu.
·         -Tujuan dan manfaat pembuatan program semester yaitu:
1.       Memberikan gambaran mengenai acuan kerja dalam jangka waktu satu semester dengan memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu tiap minggu.
2.       Untuk memudahkan guru dalam merancang rpp terutama dalam menentukan alokasi waktu
3.       Agar memudahkan guru dalam menganalisis berapa minggu yang tersedia untuk pelaksanaan proses pembelajaran
4.       Memudahkan dalam menentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
5.       Memudahkan guru dalam mengidentifikasi keluasann dan kedalaman kompetensi dasar dan indicator.
6.       Memudahkan guru dalam melakukan pemetaan kempetensi dasar untuk tiap semester
·         -Komponen program semester, yaitu:
a)      Dirancang pada semester berapa
b)      SK/KD
c)       Menentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan
d)      Perhitungan alokas waktu.
·         -RPP merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
·         -Tujuan dan Manfaat RPP:
a)      Utk mebrikan lndasan pokok bagi guru & siswa dlm mencapai kompetensi dasar & indicator
b)      Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek
c)       Member pengaruh terhadap pengembangan individu siswa
d)      Kegiatan akan lbih mudahh dilaksanakan, terarah dan terkendali.
e)      Terhindar dari kesalahan dalm pelksanaan langkah-langkah pmblejaran/model pembelajaran.
f)       Agar pembelajaran yg terjadi di dalam kelas mencapai hasil yg maksimal.

EVALUASI PEMBELAJARAN IPS
·         -Evaluasi dengan teknik tes bertujuan untuk mengetahui:
a.       Tingkat kemampuan awal siswa
b.      Hasil belajar siswa
c.       Perkembangan prestasi siswa
d.      Keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
·         -Tujuan tes lisan, yaitu untuk menilai:
1.       Kemampuan memecahkan maslah
2.       Proses berpikir terurama melihat hubungan  sebab akibat
3.       Kemampuan menggunakan bahasa lisan
4.       Kemampuan mempertanggungjawabkan pendapat atau konsep yang dikemukakan.
·         -Teknik non tes cara penilaiannya dilakukan melalui:
a.       Pengamatan atau observasi
b.      Wawancara
c.       Angket (wawancara yang dilakukan secara tertulis)
d.      Skala (alat utk mengukut nilai, sikap, minat, perhatian dll yg disusun dlm bentuk pernyataan untuk dinilai oleh responden dan hasilnya dalam bentuk rentang nilai sesuai dgn criteria yg ditentukan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar